komunikasi organisasi
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Manusia adalah mahluk social dan memerlukan hubungan dengan orang
lain .dengan cara komunikasilah manusia bisa berhubungan dengan orang
lain.komunikasi dapat dilakukan secara lisan dan tertulis,tanda-tanda,lambang-lambang.komunikasi
dilakukan baik secara tradisional maupun modern dengan alat – alatnya pun mulai
dari yang paling sederhana sampai yang mutakhir dan canggih. Unsur– unsur
komunikasi terdiri dari sumber, komunikator,pesan,channel(saluran),komunikan
dan efek (hasil). Sumber berupa lembaga, personal dan nonlembaga/nonpersonal.
Komunikator (pengiriman pesan). Dalam proses komunikasi, komunikator dapat
menjadi komunikan dan sebaliknya. Dijelaskan pula factor – factor yang harus
diperhatikan komunikator.pesanmempunyai inti pesan (tema) yang menjadi pengarah
dalam mempengaruhi orang lain dan mencoba mengubah sikap dan tingkah laku
komunikasi.
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimana Konsep Dasar
Komunikasi Organisasi ?
2. Apa Karakteristik Komunikasi
Organisasi ?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Konsep
dasar Komunikasi Organisasi
1. Definisi Komunikasi
Istilah
komunikasi atau dalam bahasa inggris communication berasal dari kata latin
communication , dan bersumber dari kata communis yang berarti sama . sama di
sini maksudnya adalah sama makna .Paradigma lasswel di atas menunjukkan bahwa
komunikasi meliputi unsure yaitu komunikator , pesan , media , komunikan , efek
. jadi , berdasarkan paradigm lasswell tersebut , komunikasi adalah proses
penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang
menimbulkan efek tertentu.[1]
Defenisi
Komunikasi Menurut Hovland , jains dan Kelley yang dikemukakan oleh Foesdale
tahun 1981 adalah ahli sosiologi Amerika mengatakan communicataion is the
process by which an individual transmits stimuli ( usually verbal to modify the
behavior of other individuals .Dengan kata lain komunikasi adalah proses
individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah
tingkah laku orang lain . Menurut Williaam J.Seller ( 1988 ) mendefinisikan
komunikasi yang lebih bersifat universal , dan dia mengatakan komunikasi adalah
proses dengan mana symbol verbal dan nonverbal dikirimkan , diterima , dan
diberi arti .
Model
Komunikasi adalah gambaran yang sederhana dari proses komunikasi yang
memperlihatkan kaitan antara satu komponen komunikasi dengan komponen lainnya .
Menurut Model Lasswell dia menngunakan lima pertanyaan yang perlu ditanya kan
dan dijawab dalam melihat proses komunikasi , yaitu who ( siapa ), says what (
mengatakan apa ) , in which medium atau dalam media apa , to whom ( kepada siapa
) , dan what effect ( apa efeknya ) . Model komunikasi Shannon dan Wever (
Forsdale 1981 ) yaitu :
a. Sumber
Informasi
b. Transmitter
c. Penyandian
( encoding ) pesan
d. Penerima
dan Deeoding
e. Tujuan
( Destinition )
f. Sumber
Gangguan [2]
2.
Definisi Organisasi
Istilah
Organisasi dalam bahasa Indonesia atau organization dalam bahasa inggris
bersumber pada perkataan latin organization
Ada
bermacam – macam pendapat mengenai organisasi menurut Schien ( 1982 )
mengatakan bahwa organisasi adalah suatu koordinasi rasional kegiatan sejumlah
orang untuk mencapai beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan
fungsi melalui hirarki otoritas dan tanggungg jawab. Lain lagi dengan mendapat
Wright ( 1977 ) dia mengatakan bahwa organisasi adalah suatu bentuk system
terbuka dari aktivitas yang dikoordinasi oleh dua orang atau lebih untuk
mencapai tujuan bersama . Kochler mengatakan bahwa organisasi adalah system
hubunga yang terstrukutur yang mengkkordinasi usaha suatu kelompok orang untuk
mencapai tujuan tertentu . 3 pendapat itu dapat kita kemukan kesamaannya yaitu
organisasi merupakan suatu system , mengkoordinasi aktivitas dan mencapai
tujuan bersama atau tujuan umum . Setiap organisasi memerlukan koordinasi
supaya masing – masing bagian dari organisasi bekerja menurut semestinya dan
tidak mengganggu bagian lainnya . Organisasi merupakan suatu struktur hubungan
manusiia . struktur ini didesain oleh manusia dank arena itu tidak sempurna .
Organisasi bertumbuh dan bertambah matang sebagian melalui skema yang didesain
dan sebagian lagi melalui keadaan yang tidak diatur .
Organisasi
adalah sangat bervariasi ada yang sangat sederhan dan ada pula yang sangat
kompleks , elemen dasar dari organisasi :
1. Sosial adalah pola atau aspek aturan hubungan
yang ada antara partisipan di dalam suatu organisasi , struktur social menurut
Davis ( Scott , 1981 ) dapat dipisahkan menjadi dua komponen yang struktur
normative dan struktur tingkah laku .
2. Partisipan
organisasi adalah individu – individu yang memberikan kontribusi kepada
organisasi .
3. Tujuana
organisasi adalah yang paling penting dan sangat controversial dalam
mempelajari organisasi
4. Teknologi
yang dimaksud adalah penggunaan mesin – mesin atau perlengkapan mein dan juga
pengetahuan teknik dan keterampilan partisipan
5. Lingkungan
setiap organisasi berada pada keadaan fisik tertentu , teknologi kebudayaan dan
lingkungan social , terhadap mana organisasi tersebut harus menyesuaikan diri .[3]
3.
Fungsi
Komunikasi dan Organisasi
Dari
prespektif agama , secara gampang kita bisa menjawab bahwa Tuhanlah yang
mengajari kita berkomunikasi , dengan menggunakan akal dan kemampuan berbahasa
yang dianugerahkan-Nya kepada kita . Al-Quran mengatakan,“Tuhan yang Maha
Pemurah , yang telah mengajarkan Al-Quran .Dia menciptakan manusia , yang
mengajarinya pandai bicara “ ( Ar-Rahman : 1-4 ).
Dan
dia mengajarkan kepada Adam nama – nama benda seluruhnya , kemudian
mengemukakannya kepada para Malaikat , lalu berfirman : “ sebutkanlah kepada-Ku
nama – nama benda itu jika kamu orang – orang yang benar !”Mereka menjawab :
Maha Suci Engkau , tidak ada yang kami ketahui selain dari apa yang telah
engkau ajarkan kepada kami , sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi
Maha Bijaksana “ Allah berfirman “ Hai Adam , beritahukanlah kepada mereka nama
benda – benda ini .” Maka seteah diberitahukannya kepada mereka nama – nama
benda itu , Allah berfirman : “ Bukankah
sudah kukatakan kepadamu bahwa sesungguhnya Aku mengetahui rahasia langit dan
bumi dan mengetahui apa yang kamu lahirkan dan yang kamu sembunyikan .” (
Al-Baqarah : 31-33 ).Para pakar komunikasi mengemukakan fungsi– fungsi yang
berbeda bedaa meskipun adakalanya terdapat kesamaan dan tumpang tindih di
antara berbagai pendapat tersebut. Thomas M.Scheidel mengemukakan bahwa kita
berkomunikasi terutama untuk menyatakan dan mendukung identitas diri ,untuk
membangun kontak social dengan orang di sekitar kita , dan utnuk mempengaruhi
orang lain untuk merasa ,berfikir atau berperilaku seperti yang kita inginkan .
Rudolf F.Verderber mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi .
a. Fungsi
social ,yakni untuk tujuan kesenangan , untuk menunjukkan ikatan dengan orang
lai , membangun dan memelihara hubungan .
b. Fungsi
pengambil keputusan , yakni memutuskan untuk melakukan atau tidak melakukan
sesuatu pada saat tertentu .
Judy C.Pearson dan Paul E.Nelson
mengemukakan bahwa komunikasi mempunyai dua fungsi umum .
1. Untuk
kelangsungan hidup diri sendiri yang meliputi : Keselamatan fisik ,
meningkatkan kesadaran pribadi , menampilkan diri kita sendiri kepada orang
lain dan mencapai ambisi pribadi .
2. Untuk
kelangsungan hidup masyarakat , tepatnya untuk memperbaiki hubungan social dan
mengembangkan keberadaan suatu masyarakat [4]
Fungsi komunikasi ada empat kategori
fungsi utama komunikasi yakni :
1. Fungsi
informasi
2. Fungsi
Intruksi
3. Fungsi
Persuasif
4. Fungsi
Menghibur
Apabila empat fungsi utama itu diperluas
maka akan ditemukan dua fungsi lain, yakni
1. Fungsi
pribadi komunikasi dirinci ke dalam fungsi , menyatakan identitas social
, integrasi social , kognitif , fungsi melepaskan diri / jalan keluar
2. Intergrasi
social terinci atas , fungsi pengawasan , menghubungkan / menjembatani ,
sosialisasi , menghibur.[5]
Fungsi Organisasi diantaranya adalah :
1. Memenuhi
kebutuhan Pokok Organisasi , setiap organisasi mempunyai kebutuhan pokok masing
– masing dalam rangka kelangsungan hidup organisasi tersebut .
2. Mengembangkan
Tugas dan Tanggung Jawab , Kebanyakan organisasi bekerja dengan bermacam –
macam standar etis tertentu .
3. Memproduksi
barang atau orang , Fungsi utama dari organisasi adalah memproduksi barang atau
orang sesuai dengan jenis organisasinya .
4. Mempengaruhi
dan Dipengaruhi Orang , sesungguhnya organisasi digerakkan oleh orang.orang
membimbing , mengelola , mengarahkan dan menyebabkan pertumbuhan organisasi . [6]
4.
Konsep
Dasar Komunikasi Organisasi
Persepsi
komunikasi bermacam – macam menurut para ahlinya .
a. Redding
dan Sanbron mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah pengiriman dan
penerimaan informasi dalam organisasi yang kompleks .
b. Persepsi
Katz dan Kahn mengatakan bahwa organisasi merupakan arus informasi ,pertukaran
informasi dan pemindahan arti di dalam suatu organisasi .
c. Persepsi
Zelko dsn Dance mengatakan bahwa komunikasi organisasi adalah suatu system yang
saling tergantung yang mencakup komunikasi internal dan komunikasi eksternal .
d. Persepsi
Thayer menggunakan pendekatan system secara umum dalam memandang komunikasi
organisasi .dia mengatakan komunikasi organisasi sebagai arus data yang akan
melayani komunikasi organisasi dan proses interkomunikasi dalam beberapa cara .
e. Persepsi
Greenbaunm mengatakan bahwa bidang komunikasi organisasi termasuk arus
komunikasi formal dan informal dalam organisasi .
Meskipun bermacam – macam persepsi dari
para ahli mengenai komunikasi organisasi ini tapi dari semuanya itu ada
beberapa hal yang umum yang dapat disimpulkan yaitu :
a. Komunikasi
organisasi terjadi dala suatu system terbuka yang kompleks yang dipengaruhi
oleh lingkungannya sendiri baik internal maupun eksternal .
b. Komunikasi
organisasi meliputi pesan dan arusnya , tujuan , arah dan media
c. Komunikasi
organiasi meliputi orang dan sikapya , perasaannya , hubungannya dan
keterampilannya .
5.
Definisi
dan Konsep dari Komunikasi Organisasi
Goldhaber
( 1986 ) memberikan definisi komunikasi organisasi berikut organizational
communication is the process of creating and exchanging messages within a
network of interdependent relationship to cope with environmental uncertainty.
Kata lain komunikasi organisasi adalah proses menciptakan dan saling menukar
pesan dalam satu jaringan hubungan yang saling tergntung satu sama lain untuk
mengatasi lingkungan yang tidak pasti atau yang selalu berubah – ubah .Definisi ini mengandung tujuh konsep yaitu ,
proses , pesan , jaringan , saling tergantung , hubungan , lingkungan dan
ketidak pastian .[7]
6.
Proses
Dasar dan Unsur Komunikasi Organisasi
Pada
dasarnya proses dasar komunikasi organisasi meliputi di dalamnya komunikasi
antarpribadi maupun komunikasi kelompok . secara umum proses dasar komunikasi
organisasi sebagaimana berikut ini
a. Komunikator
/ Pengirim adalah pihak yang memprakarsi komunikasi , artinya dia mengawali
pengiriman pesan tertentu kepada pihak lain disebut penerima .
b. Encode
( ing ) Dalam komunikasi antarpribadi , termasuk komunikasi anatarpribadi dalam
organisasi
c. Saluran
, Dalam proses komunikasi , media merupakan tempat , saluran yang dialalui oleh
pesan / symbol yang dikirim
d. Pesan
/ Simbol , Dalam proses komunikasi , pesan berisi pikiran , ide , atau gagasan
, perasaan yang dikirim oleh seorang atasan kepada para bawahannya selalu dalam
bentuk symbol .
e. Decode
( ing ) merupakan aktivitas yang dilakukan oleh seorang penerima informasi baik
seorang pemimpin maupun sebaliknya yang memformulasikan sinyal , tanda dan
symbol yang dapat dipahami sebagai
sebuah makna .
f. Komunikan
/ Penerima ,Penerima dalam sebuah proses komunikasi organisasi adalah pihak
yang menerima pesan tertentu , dia menjadi tujuan / sasaran komunikasi dari
pihak lain
g. Gangguan
( noise-interference ) Gangguan dalam komunikasi termasuk komunikasi organisasi
adalah segala sesuatu yang menjadi penghambat laju pesan yang ditukar antara
pengirim dengan penerima
7.
Tujuan
dan Fungsi Komunikasi Organisasi
Pada dasarnya tujuan dan fungsi komunikasi
organisasi ada tiga, yaitu
1. Sebagai
tindakan koordinasi . komunikasi dalam organisasi bertujuan untuk
mengkoordinasikan sebagai atau seluruh tugas dan fungsi organisasi yang telah
dibagi – bagi dalam bagian yang melaksanakan visi dan misi organisasi di bawah
pimpinan seorang pemimpin atau manajer serta para bawahan mereka .
2. Membagi
informasi . Salah satu tujuan komunikasi yang penting adalah menghubungkan
seluruh aparatur organisasi dengan tujuan organisasi .
3. Komunikasi
bertujuan untuk menampilkan perasaan dan emosi , Manusia dalam organisasi
mempunyai keinginan bahkan kebutuhan untuk menyatakan kegembiraa, kesedihan ,
marah atas apa yang mereka kerjakan [8]
B. Karakteristik
Organisasi
Tiap organisasi di samping mempunyai elemen yang umum juga mempunyai
karakteristik yang umum , Diantaranya :
a. Dinamis ,
Organisasi sebagai suatu system terbuka terus – menerus mengalami perubahan ,
karena selalu menghadapi tantangan baru dari lingkungan yang selalu berubah
tersebut sifat dinamis pertama sekali disebabkan karena adanya perubahan
ekonomi dalam lingkungannya , semua organisasi memerlukan sumber keuangan untuk
melakukan aktivitasnya . factor kedua yang menjadikan organisasi bersifat
dinamis adalah perubahan pasaran , kebanyakan organisasi pasarnya adalah hasil
produksi atau pelayanan .
b. Memerlukan
informasi , semua organisasi memerlukan informasi untuk hidup . Tanpa informasi
organisasi tidak dapat jalan . Dengan adanya informasi bahan mentah dapat
diolah menjadi hasil produksi yang dimanfaatkan oleh manusia .untuk mendapatkan
informasi adalah melalui proses komunikasi tanpa komunikasi tidak mungkin kita
mendapat informasi .
c. Mempunyai
Tujuan , Organisasi adalah merupakan kelompok orang yang bekerja sama untuk
mencapai tujuan tertentu . oleh karena itu setiap organisasi harus mempunyai
tujuan sendiri – sendiri . tentu saja tujuan suatu organisasi dengan organisasi
lainya bervariasi.
d. Terstruktur
, Organisasi dalam usaha mencapai tujuannya biasanya membuat aturan – aturan ,
undang – undang dan hirarki hubungan dalam organisasi .hal ini dinamakan
struktur organisasi .
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Komunikasi ialah pertukaran pesan
verbal maupun non verbal anatara si pengirim dengan si penerima pesan untuk
mengubah tingkah laku. dan Brent D.Ruben komunikasi adalah suatu proses melalui
mana individu dalam hubungannya, dalam kelompok, dalam organisasi dan dalam
masyarakat menciptakan,mengirimkan, dan menggunakan informasi untuk
mengkoordinasi lingkungannya dan orang
lain.
.Organisasi menurut schein bahwa
organisasi adalah suatu kordinasi rasional kegiatan sejumlah ornag untuk mencapai
beberapa tujuan umum melalui pembagian pekerjaan dan fungsi melalui hirarki
otoritas dan tanggung jawab .
Komunikasi organisasi ebih daripada
sekedar apa yang dilakukan orang – orang melainkan sebuah penjelasan toritis
atas praktek – praktek komunikasi dalam organisasi yang melayani kebersamaan
baik dalam organisasi maupun melayani orang lain yang membutuhkan organisasi .
Pada dasarnya proses dasar
komunikasi organisasi meliputi di dalamnya komuniaksi antarpribadi maupun
komunikasi kelompok. Secara umum proses dasar komunikasi organisasi sebagaimana
berikut ini . Komunikator / Pengirim, Encode ( ing ) , Saluran , Pesan / Simbol
, Decode ( ing ) , Gangguan.
Karakteristik Organisasi yang umum
ialah , dinamis , memerlukan informasi , mempunyai tujuan dan struktur . Dan
disamping itu hal yang umum dipunyai oleh organisasi yaitu sumber daya manusia
, keterampilan , energy dan lingkungan .
DAFTAR PUSTAKA
Effendy Uchjana Onong , Ilmu Komunikasi
Teori dan Praktek , PT. Remaja Rosdakarya , Bandung , 2007.
Liliweri Alo , Wacana Komunikasi
Organisasi , PT. Mandar Maju , Bandung , 2004.
Muhammad Arni , Komunikasi
Organisasi ,PT. Bumi Aksara , Jakarta ,
2009 .
Mulyana Deddy , Ilmu Komunikasi ,
PT. Remaja Rosdakarya , Bandung , 2007 .
[1] Effendy Uchjana Onong , Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung ,(
Remaja Rosdakarya ,2007) hlm. 9-10
[3] Muhammad Arini , Komunikasi Organisasi , ( Jakarta Bumi Aksara, 2009 ) hlm . 23-28
[4] Mulyana Deddy , Ilmu Komunikasi , ( Bandung , PT.Remaja
Rosdakarya , 2007 ), hlm . 4-5
[5] Liliweri Alo , Wacana Komunikasi Organisasi ,( Bandung
, Mandar Maju , 2004 ) , hlm. 53
[6] Muhammad Arini , Komunikasi Organisasi ,( Jakarta ,Bumi
Aksara , 2009 ) hlm 32-34
[7] Ibid hlm . 67
[8] Ibid .hlm 61-65
Comments
Post a Comment